Acara Tarbiyatul walidain Supaya Anak Menjadi Sholeh Sdit Maqamam Mahmuda

Tarbiyatul walidain Supaya Anak Menjadi Sholeh Sdit Maqamam Mahmuda

Hendri Ariska | Sabtu, 30 Jul 2022   14:09:43 WIB dibaca 47 x komentar 0  SDIT
Tarbiyatul walidain Supaya Anak Menjadi Sholeh Sdit Maqamam Mahmuda

Gambar : Tarbiyatul walidain Supaya Anak Menjadi Sholeh

Banyak orang yang sibuk mencari materi “tarbiyatul aulad” (pendidikan anak) tapi jarang yang sibuk mencari materi “tarbiyatul walidain” (pendidikan kedua orangtua). Padahal yang pertama hanyalah cabang dari yang kedua. Pendidikan anak adalah cabang dari pendidikan orangtua. Kalau orangtua sukses menjadi orangtua yang baik, pasti mereka tidak akan kesulitan mendidik anak-anak mereka.

 

Sdit Maqamam Mahmuda Menyelengarakan acara Tarbiyatul walidain Supaya Anak Menjadi Sholeh

Pada hari sabtu 30 juli 2022,

Bersama Tgk. Walid, M ag

Tgk. Drs. Amiruddin Syah.

 

Acara Tarbiyatul walidain "Supaya Anak Menjadi Sholeh"  mengajak ayah bunda Sdit Maqamam Mahmuda untuk Mempersiapkan Jiwa Dan raganya dalam mendidik anak-anak. Ini juga diharapkan dapat menjadikan kita sebagai orang tua yang sukses dan menjadi orangtua yang baik dalam mendidik anak-anak kita.


Ada beberapa hal yang di perlukan dalam mendidik anak menjadi sholeh:

  • Harus ikhlas Mendidik anak tujuannya adalah untuk menunaikan amanah Allah yang akan kita pertanggungjawabkan kelak di akhirat. Jangan sampai mendidik anak ditujukan untuk urusan duniawi. 
  • Keteladanan (uswah) Mendidik adalah kita menjadi contoh yang baik untuk anak sehingga anak dengan mudah meniru kita tanpa kita suruh. Karna Mendidik bukan sekedar menyuruh anak untuk menjadi baik. 
  • Doa menunjukkan kepasrahan hati bahwa usaha kita mendidik anak selama ini tidak berarti apa-apa tanpa campur tangan Allah.
  • Mendidik butuh kesabaran. Sabar untuk tidak marah ketika anak melakukan kesalahan pertama kali. Sabar untuk mengulang-ulang pelajaran tentang kehidupan. Sabar untuk menggandeng tangan anak menuju masa depannya.
  • Kasih sayang Pendidikan tanpa kasih sayang tidak mungkin berhasil. Justru yang akan terjadi adalah kegagalan dan penyesalan.

 

Intinya, sebaik-baik cara adalah cara yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. Semoga Allah menjadikan anak-anak kita sebagai penyejuk hati di dunia dan akhirat.


Info Terkait :

Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru