Pesantren Modern Maqamam Mahmuda pada tanggal 17 dan 18 september 2022 kemarin telah mengadakan rapat dan diskusi bersama para wali santri dalam acara tingok sino di Pondok Pesantren Modern Maqamam Mahmuda.

Acara Tingok Sino Dan Diskusi Bersama Wali Santri Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Hendri Ariska | Minggu, 18 Sep 2022   22:42:24 WIB dibaca 18 x komentar 0  Berita
Acara Tingok Sino Dan Diskusi Bersama Wali Santri Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Gambar : Acara Tingok Sino, Diskusi Bersama Wali Santri Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Acara "Tingok Sino" adalah sebuah acara di mana berkumpulnya para wali santry serta para ustad dan ustazah atou dewan guru. Ini merupkan bentuk dari salah satu dari kebudayaan di gayo.

 

Tujuan di adakan acara Tingok Sino ini adalah untuk menjalin silahturahmi dan mendiskusikan hal-hal yang perlu di perbaiki dari pesantren modern maqamam mahmuda, diskusi bersama para wali santri ini juga berguna sebagai bahan evaluasi bersama untuk kemajuan pesantren, dengan mendengarkan keluhan dan unek-unek dari para wali santri diharapkan dapat menjadi pertimbangan pesantren dalam mengambil sikap dan keputusan dalam mengelola dan menerapkan peraturan di masa depan.

 

Dalam diskusi tersebut ada banyak sekali tema pembahasan diantaranya adalah; mengenai Tingkah laku santri, Kurangnya sopan santun, Peraturan kedisiplinan, Hukuman atou tindakan, Kurangnya sarana dan prasarana, Kualitas tenaga pengajar dan masih banyak lainya.

 

Pada tanggal 17 september 2022 diskusi diadakan hanya untuk orang tua wali para santri kelas satu dan dua saja yang telah banyak mengeluhkan berbagai hal sebelumnya oleh karna itu dalam diskusi ini pesantren dan para wali duduk bersama untuk mendiskusikan dan berupaya memecahkan masalah yang banyak dikeuhkan para wali santri tersebut. Sedangkan pada tangal 18 september 2022 diskusi dilakun bersama para wali kelas untuk membahas beberapa hal seperti; Perkembangan santri baik dari segi pola pikir dan kepribadian santri, kerna selain ilmu pengetahuan kepribadian dan pola pikir santri yang tingal dan tumbuh di pesantren juga penting di perhatikan karna hal itu adalah tangung jawab persantren agar tidak melenceng dari norma-norma agama dan negara.


 
Rapat dihadiri oleh pimpinan pesantren modern Maqamam Mahmuda, Dr, Abdiansyah Linge , Ma. Kepala pengasuhan santri Ustad Maryono , S,Pdi. Kepala KMI Ustad Rahmat Fitra S,Pdi. dan seluruh dewan guru khususnya dari bagian pengasuhan santri.

 

Para pimpinnan dan dewan guru di pesantren modern Maqamam Mahmuda mendengarkan dengan seksama setiap keluhan dari masing-masing orang tua wali santri dalam diskusi tersebut dan mencoba memberikan pemaham dan solusi atas keluhan yang telah di sampaikan para wali. Diskusi bersama para wali santri berjalan dengan semestinya di mana banyak sekali perbedaan pendapat dan usulan-usulan yang bagus terhadap kemajuan pesantren dari para wali santri yang dapat dipertimbangkan. perbedaan pendapa antara wali santri dan pengurus pesantren modern Maqamam Mahmuda, terjadi dalam membahas peraturan di pesantren memang itu sangat tidak bisa di hindarkan. Namun demikian diskusi terus berjalan untuk menemukan solusi terbaik yang dapat diterapkan di pesantren nantinya. "Dr. Abdiansyah Linge, Ma . juga menekankan hal yang paling di butuhkan adalah pemahaman bersama dalam menaati berbagai peraturan yang berlaku."

 

Para guru dan stap pengurus pesantren juga terus berusaha memecahkan setiap permasalah dan mencari solusi bersam-sama dalam diskusi bersama para wali dan pimpinan pesantren untuk intropeksi diri masing-masing dan saling bahu membahu dalam memperbaiki setiap kekurangan yang ada di pesantren dalam berbagai hal seperti; kekurangan dari pihak pesantren, para guru dan stap pengelola pesantren, wali santrinya dan santri itu sendiri. 

 

Para guru dan Stap pengelola pesantren modern Maqamam Mahmuda, selalu berusaha membangkitkan bakat dan keahlian para santri di pesantren dan mempersiapkan santri agar kelak dapat kuat secara pisik dan mental serta iman ketika nanti para santri terjun kedunia luar. Oleh karena itu dalam pendidikan semuanya harus dapat mengambil peran dan saling berkerja sama untuk mencapai tujuan. 

 

Diskusi pada acara Tingok Sino ini berjalan dengan lancar sampai selesai dan semua pihak terlihat puas dengan hasil dari diskusi yang diadakan oleh pesantren modern Maqamam Mahmuda. dan untuk beberapa hal dari hasil diskusi pada acara tingok sini tersebut yang sekiranya perlu untuk ditindak lanjuti nantinya akan di bahas oleh pimpinan pesantren dan para stap pengurus atou pengelola pesantren demi kepentingan dan kemaslahatan bersama dan tidak ada yang akan di rugikan.

 

Bersamaan dengan di adakanya acara Tingok Sino ini di harapkan dapat menjalin kepercayaan dan mempererat tali silahturahmi antara pesantren Maqamam Mahmuda dengan semua pihak yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan Pondok Pesantren Modern Maqamam Mahmuda.


Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru