Peringatan Hari Pancasila: Mengenang Dasar Negara Indonesia

Hendri Ariska | Sabtu, 01 Jun 2024   18:47:47 WIB dibaca 31 x komentar 0  Artikel
no-image.jpg

Gambar : Peringatan Hari Pancasila: Mengenang Dasar Negara Indonesia

Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati Hari Pancasila. Ini adalah momen penting yang mengingatkan kita akan dasar negara kita yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila bukan sekadar semboyan, melainkan pijakan moral dan filosofis bagi bangsa Indonesia.

 

Sejarah Pancasila

Pancasila, yang berasal dari bahasa Sansekerta, terdiri dari dua kata: "panca" yang berarti lima, dan "sila" yang berarti prinsip atau norma. Sejarahnya bermula dari perjuangan para founding father Indonesia, yang merumuskan nilai-nilai yang mendasari negara Indonesia merdeka. Proses perumusan ini terjadi melalui perdebatan yang panjang dan kompleks, namun pada akhirnya menghasilkan rumusan yang dikenal sebagai Pancasila pada 1 Juni 1945.

 

Makna Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui dan percaya kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghormati martabat serta hak asasi manusia.

3. Persatuan Indonesia: Mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan: Mewujudkan demokrasi yang berkeadilan.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Menciptakan kesetaraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

 

Keluarga besar Pesantren Modern Maqamam Mahmuda turut merayakan Hari Pancasila dengan penuh kebanggaan dan penghormatan. Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merenungkan kembali makna dan nilai-nilai luhur Pancasila dalam membangun bangsa yang adil, sejahtera, dan bermartabat. Selamat Hari Pancasila untuk kita semua! Semoga semangat kebersamaan dan persatuan terus menguatkan kita dalam menghadapi setiap tantangan.

 

Peringatan Hari Pancasila bukanlah sekadar rutinitas tahunan, melainkan momen refleksi untuk mengingat kembali tekad dan semangat para pendiri bangsa dalam menegakkan negara yang berlandaskan nilai-nilai kebajikan dan keadilan. Mari kita terus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sebagai wujud penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan keadilan bagi bangsa Indonesia.


Info Terkait :

Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru