Motivasi Menghapal Al-Quran

Seminar Motivasi Program Tahfidz Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Hendri Ariska | Kamis, 01 Sep 2022   12:17:58 WIB dibaca 137 x komentar 0  Tahfidzul Quran
Seminar Motivasi Program Tahfidz Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Gambar : Motivasi Menghapal Al-Qur'an

Seminar Motivasi Program Tahfidz Pesantren Modern Maqamam Mahmuda. Dengan kecanggihan ilmu teknologi yang terus melaju dengan pesat, membuat banyak hal yang terabaikan, bahkan terlupakan. Generasi muda yang terus merangkak maju semakin meninggalakan norma-norma terdahulu yang seharusnya diwariskan sampai keanak cucu. Salah satu hal yang sering terabaikan adalah minat dalam membaca atau menghafal al qur'an. Banyak hal yang mempengaruhi generasi muda sehingga menjauh dari kitabullah tersebut. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian telepon genggam dan pergaulan yang tak terkontrol.

 

Dipesantren Modern Maqamam mahmuda, kegiatan mempelajari,membaca dan menghafal Al-qur'an dijadikan sebuah program bukan hanya sekedar kegiatan ekstrakulikuler biasa. program menghafal tersebut sudah berjalan sekitar 2 tahun. Namun karena kurangnya kelas dan pasilitas maka kuota untuk kegiatan ini hanya dibuka untuk 40 santriwan dan 40 santriwati. Dalam 2 tahun ini, hafalan terbanyak santri sudah sampai pada juz 11.

 

Dengan diadakannya program tersebut  diharapkan santri dapat meningkatan bacaan juga pemahaman dalam mempelajari Al-Qur'an.
     

Hari ini, di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda, kedatangan seorang MotIvator hebat, yaitu Ustadz Lauhin Mahfuz,Lc. beliau menyampaikan pada para penghafal Al-Qur'an tentang pentingnya mempelajari Al-Qur'an

 

"Dimanapun Al-Qur'an berada dan apa saja yang di katakan dengan Al-Qur'an maka semuanya menjadi mulia" Ustadz Lauhin Mahfuz,Lc.

 

Al-Qur'an yang pada dasarnya juga menjadi sumber pengetahuan dan pembelajaran bagi seluruh umat manusia memang kadang sering terabaikan. Kebanyakan dari kita, menjadikan ayat-ayat Al-Qur'an sebagai alasan agar bisa lulus dalam suatu tes, hal ini sungguh melenceng dari jalannya. Karna seharusnya niat untuk menghafal Al-Qur'an adalah benar-benar tulus karna allah ta'ala. sesuai dengan firman allah dalam Al-Qur'an surah Fatir ayat 33 yang artinya:

"Mereka akan mendapat surga 'Adn, mereka masuk kedalamnya, didalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara dan pakaian mereka didalamnya adalah sutra".

 

Janji Allah tersebut diberikan pada para penghafal Al-Qur'an dan yang senantiasa dekat dengan Al-Qur'an.

 

" Belajarlah kalian Bahasa Arab karna Bahasa Arab itu adalah setengah dari Agamamu ". Umar Bin Khatab

 

Karna itu di pesantren Modern Maqamam Mahmuda, disamping program menghafal Al-Qur'an para santri juga dibekali dengan ilmu-ilmu dan pelajaran yang berkaitan dengan Bahasa Arab. dengan tujuan selain santri dapat berbicara dengan pasih bahasa Al-Qur'an tersebut, diharapkan juga para santri dapat lebih mudah mempelajari dan memahami kosa kata pada Al-Qur'an yang tertulis mengunakan Bahasa Arab.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ponpes Yamuda (@yamuda.official)

 

Dengan koordinator Ustadz Khorqoni juga para guru yang lain, para hafidz dan hafidzah dibimbing agar terus termotivasi dan semangat dalam menghafal dan mendalami Al-Qur'an. Mereka sering dibawa untuk mengikuti perlombaan agar bisa berteman  dengan para penghafal dari sekolah lain.

 

"Allah SWT.  memudahkan dan memuliakan penghafal Al-Qur'an didunia dan diakhirat" Ustadz Lauhin Mahfuz,Lc.

 

Dengan banyaknya kegiatan pesantren yang sudah terjadwal full dari pagi sampai malam, para penghafal tetap setia meluangkan waktu untuk menghafal. Meski di sela-sela kesibukan yang padat, Al-Qur'an akan senantiasa ada ditangan mereka. Bahkan, pera penghafal Al-Qur'an  dipesantren modern maqamam mahmuda, rela bangun jam 3 pagi hanya untuk mengejar hafalan dan dilanjutkan dengan shalat tahajud berjama'ah yang di imami santri secara bergantian. Setelah itu, kegiatan menghafal dilanjutkan sehabis subuh sampai jam 07:00 pagi. Kelas para penghafal Al-Qur'an sengaja ditempatakn dimasjid agar lebih fokus dalam menghafal ayat-ayat allah tersebut.

 

"Jangan cari waktu kosong untuk menghafal, tapi kosongkan waktu untuk bisa menghafal". Ustadz Lauhin Mahfuz,Lc.

 

Dengan demikian program Tahfidz akan terus berlanjut secara terbimbing dipesantren modern Maqamam Mahmuda, yang  diharapkan dengan ayat-ayat tersebut generasi muda dapat menjadi generasi yang berakhlak mulia dan berpegang pada ayat-ayat Allah dan sunah Rasulullah SAW.


Artikel ini ditulis oleh: Lisma Rahma Diana dan Lisma Andini


Info Terkait :

  1. Kegiatan Perayaan HUT RI ke-77 di Pesantren Maqamam Mahmuda

    Hendri Ariska | Kamis 21 Agu 2022 55 x 0




Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru