Ekstrakulikuler Seni Kaligrafi

Ekstrakulikuler Seni Kaligrafi Yayasan Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Hendri Ariska | Rabu, 17 Agu 2022   20:08:51 WIB dibaca 80 x komentar 0  Artikel
Ekstrakulikuler Seni Kaligrafi Yayasan Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Gambar : Ekstrakulikuler Maqamam Mahmuda Seni Kaligrafi

Ekstrakulikuler Seni Kaligrafi Yayasan Pesantren Modern Maqamam Mahmuda.Yayasan Maqamam Mahmuda, sejak tahun 2015 telah banyak melahirkan santriwan dan santri wati yang berprestasi di bidangnya masing-masing, baik internal maupun external. Yayasan Maqamam Mahmuda, sebagai salah  satu lembaga pendidikan, juga menjadi wadah dalam pengembangan bakat santrinya. Dengan menyediakan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang dapat menjadi lapangan pengembangan diri untuk menyalurkan hobi, juga menjadi titian dalam meniti karir di masa depan.

 

Salah satu dari banyaknya ekstrakulikuler yaitu kaligrafi, Kaligrafi diadakan untuk menjadi wadah dalam pengembangan bakat santri dalam menulis tulisan Arab serta mengukirnya menjadi salah satu karya seni  yang bernilai tinggi.

 

Ekstrakulikuler ini di bimbing langsung oleh Eal mukarram ustad Khorqoni,S.sy dan juga ustazah Binti Rahmawati,M.pd yang sudah melalang buana dalam melahirkan seni Kaligrafi.

Di Pessantren Modern Maqamam Mahmuda sendiri para kaligrafer unik yang telah melahirkan banyak karya tanganya sendiri, diantaranya adalah:

 

  • Fikri dan Raiha Nabila. Santri kelas V yang sama-sama telah meraih juara satu program Ramadan tahun 2022 di pesantrem Maqamam Mahmuda, serta menjadi salah satu peserta pestival ekonomi syariah.

  • Desi Rapida, Neni Rezawati dan Rizki Noufaldi adalah santri yang juga sama-sama juara dua dalam program ramadan tahun 2022 di pesantren Maqamam Mahmuda.

  • Saufa Tuah Diara, santri kelas VI yang meraih juara tiga dalam program ramadan tahun 2022 di pesantren Maqamam Mahmuda.

 

Santri-santri tersebut merupakan Kaligrafer andalan pesantren Maqamam Mahmuda, selain santriwan dan santriwati di atas juga masih banyak para santri yang memiliki bakat dan mahir dalam seni kaligrafi.

 

Pengembangan seni Kaligrafi tersebut, selain didukung oleh keinginan santri yang besar, juga didukung oleh sarana dan prasarana yang di sediakan oleh pihak Yayasan Maqamam Mahmuda, yang telah menyediakan alat serta bahan-bahan untuk kegiatan para Kaligrafer untuk mempermudah dalam penyaluran bakat para santri. Ustad Khorqoni, selaku pembimbing seni Kaligrafi ketika ditanyai kenapa penting bagi kita untuk mempelajari atau mengembangkan seni tulis. 

 

"Ali pernah berkata, barang siapa yang indah tulisanya, maka akan mudah pula rezekinya".

 

Disudut-sudut Pesantren Maqamam Mahmuda, telah terdapat banyak karya seni Kaligrafi buah tangan dari para santri sendiri yang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

 

Pesantren selalu rajin dan rutin dalam mengimpormasikan terkait perlombaan setiap cabang ekstrakulikuler yang salah satunya adalah cabang kaligrafi yang kiranya dapat di ikuti oleh para santri pesantren Maqamam Mahmuda.

 

pesantrem modern Maqamam Mahmuda akan selalu mengasah bakat para santrinya dan akan terus mengembangkannya. salah satunya adalah seni Kaligrafi, supaya apapun nanti bakat santri, diharapkan nanti akan menjadi orang-orang yang berguna bagi agama dan bangsa.  terutama bagi diri sendiri, keluarga, dan juga pesantren. Wallahu a'lam bisshowaf

 

Artikel ini di tulis Oleh Santriwati Pesantren Modern Maqamam Mahmuda:

Lisma Rahma Diana


Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru