Pelaksanaan jian lisan hari ke dua dan ke tiga Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Ujian lisan hari ke dua dan ke tiga Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Hendri Ariska | Senin, 29 Mei 2023   09:01:59 WIB dibaca 104 x komentar 0  Artikel
Ujian lisan hari ke dua dan ke tiga Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Gambar : Ujian lisan hari ke dua dan ke tiga Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Ujian lisan merupakan salah satu bentuk evaluasi yang penting dalam proses pendidikan. Hal ini juga berlaku di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda, di mana ujian lisan bahasa Arab dan bahasa Inggris telah selesai dilaksanakan pada hari kedua dan ketiga.

Pada hari kedua, santri Pesantren Modern Maqamam Mahmuda mengikuti ujian lisan bahasa Arab. Mereka memasuki ruangan ujian dengan perasaan tegang namun penuh semangat. Di depan mereka, ada guru penguji yang akan menilai kemampuan berbahasa Arab mereka. Ujian dimulai dengan beberapa pertanyaan penghangat yang dirancang untuk memancing perbincangan dan membangun kepercayaan diri siswa. Pertanyaan-pertanyaan ini juga membantu memulai suasana yang santai dan membantu siswa beradaptasi dengan situasi ujian.

Ujian lisan bahasa Arab pada hari kedua memiliki tujuan yang komprehensif. Selain menguji kemampuan berbicara bahasa Arab, ujian ini juga melibatkan kemampuan berpikir kritis, berargumen, dan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Arab. Melalui tantangan ini, siswa dapat merasakan kemajuan yang signifikan dalam perjalanan belajar mereka. Ujian lisan bahasa Arab memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi komunikasi.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ponpes Yamuda (@yamuda.official)

 

Setelah selesai dengan ujian lisan bahasa Arab, pada hari ketiga, santri Pesantren Modern Maqamam Mahmuda mengikuti ujian lisan bahasa Inggris. Ujian ini merupakan salah satu komponen penting dalam mengevaluasi kemampuan santri dalam berkomunikasi secara lisan menggunakan bahasa Inggris. Ujian lisan bahasa Inggris bertujuan untuk mengukur pemahaman, pengucapan, tata bahasa, serta kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.

Pada hari ujian, suasana di kelas bisa menjadi tegang namun tetap penuh semangat. Santri memasuki ruangan ujian dengan hati-hati, duduk di depan guru penguji yang akan mengevaluasi kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Ujian lisan bahasa Inggris meliputi berbagai jenis tugas, seperti presentasi, diskusi kelompok, atau percakapan langsung dengan guru penguji. Melalui ujian ini, santri memiliki kesempatan untuk menunjukkan perkembangan kemampuan berbahasa mereka, serta melatih mereka dalam berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris.

Ujian lisan bahasa Inggris juga memiliki manfaat jangka panjang bagi santri. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang penting dalam berbagai situasi kehidupan nyata, baik dalam konteks pendidikan, pekerjaan, maupun kehidupan sehari-hari. Ujian ini membantu mempersiapkan santri untuk menghadapi situasi komunikasi dalam bahasa Inggris di masa depan.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ponpes Yamuda (@yamuda.official)

 

Dalam menghadapi ujian lisan bahasa Arab dan bahasa Inggris, Pesantren Modern Maqamam Mahmuda memberikan dukungan dan persiapan yang baik kepada santriwan dan santriwati. Mereka telah mendapatkan pembelajaran intensif dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris selama masa studi mereka di pesantren. Selain itu, guru-guru juga memberikan latihan dan bimbingan khusus untuk mempersiapkan mereka menghadapi ujian lisan.

Ujian lisan bukan hanya menjadi momen evaluasi, tetapi juga merupakan kesempatan bagi santri untuk menunjukkan kemampuan mereka yang telah mereka kembangkan selama ini. Melalui ujian ini, santri dapat mempraktikkan keterampilan berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan menunjukkan pemahaman mereka dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Selama proses ujian lisan, guru penguji juga berperan penting dalam memberikan umpan balik konstruktif kepada santri. Mereka memberikan penilaian yang objektif, mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan, serta memberikan saran untuk pengembangan kemampuan bahasa santri. Dengan demikian, ujian lisan tidak hanya sebagai evaluasi akhir, tetapi juga sebagai proses pembelajaran yang berkelanjutan.

Pesantren Modern Maqamam Mahmuda memiliki harapan besar terhadap hasil ujian lisan ini. Mereka berharap santriwan dan santriwati dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan memperoleh hasil yang memuaskan. Apapun hasilnya, pesantren akan terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada santri dalam mengembangkan kemampuan bahasa mereka.

Melalui ujian lisan bahasa Arab dan bahasa Inggris ini, Pesantren Modern Maqamam Mahmuda ingin membantu santri untuk menjadi individu yang terampil dan percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa-bahasa tersebut. Mereka berharap bahwa kemampuan berbahasa yang diperoleh oleh santri akan menjadi modal berharga dalam mengejar cita-cita mereka di masa depan, baik dalam bidang pendidikan, keprofesian, maupun kehidupan sosial.

Dengan selesainya ujian lisan bahasa Arab dan bahasa Inggris, santriwan dan santriwati Pesantren Modern Maqamam Mahmuda dapat merasa bangga atas usaha dan dedikasi mereka dalam belajar bahasa. Semoga hasil yang mereka dapatkan memuaskan dan menjadi langkah maju dalam perjalanan pendidikan mereka di pesantren ini.


Info Terkait :


  1. Gebyar Seni di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

    Hendri Ariska | Senin 25 Mei 2023 141 x 0


  2. Pelaksanaan Ujian Madrasah Santri kelas 3 TMI

    Hendri Ariska | Senin 08 Mei 2023 121 x 0

Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru