Disiplin berpakaian bagi santri putra di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Hendri Ariska | Rabu, 10 Jul 2024   12:38:37 WIB dibaca 21 x komentar 0  Artikel
no-image.jpg

Gambar : Disiplin berpakaian bagi santri putra di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Disiplin merupakan suatu sifat atau kemampuan yang dimiliki seseorang untuk taat dan bisa mengendalikan diri, agar tetap mematuhi aturan yang telah dibuat atau disepakati. Disiplin merupakan suatu sikap atau perilaku yang tentunya diharapkan oleh banyak orang, khususnya orang berpendidikan. Disiplin sangat dibutuhkan agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. Tentunya, disiplin tidak lepas dari aturan, norma, prosedur, organisasi, kerja sama, hukuman, dan lain sebagainya.

 

Sikap disiplin itu diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Agama Islam dapat ditegakkan karena pemeluknya disiplin dalam menjalankan syariat-syariat Islam. Disiplin adalah kunci untuk mencapai ketertiban dan kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam pendidikan, pekerjaan, maupun kehidupan sehari-hari.

 

Kedisiplinan di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda

Di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda, kedisiplinan adalah salah satu nilai utama yang harus ditaati oleh para santri. Kedisiplinan ini mencakup berbagai aspek kehidupan di pesantren, salah satunya adalah disiplin dalam berpakaian. Mematuhi peraturan berpakaian bukan hanya menunjukkan kesopanan dan kepatuhan terhadap aturan pesantren, tetapi juga mencerminkan sikap hormat dan tanggung jawab sebagai seorang santri.

 

Berikut ini adalah sunnah dan disiplin berpakaian bagi santri putra di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda:

 

 

1. Pakaian Harian:

  • Santri putra diwajibkan mengenakan baju koko atau kemeja putih lengan panjang dengan celana panjang hitam.
  • Baju harus selalu dimasukkan ke dalam celana dan tidak boleh menggantung.
  • Setiap santri diharuskan mengenakan peci hitam saat berada di lingkungan pesantren.

 

2. Pakaian Ibadah:

  • Untuk ibadah, santri diwajibkan mengenakan sarung, baju koko putih, dan peci.
  • Pakaian harus bersih dan rapi, serta sesuai dengan syariat Islam.

 

3. Pakaian Formal:

  • Pada acara-acara resmi atau kegiatan tertentu, santri diharuskan mengenakan seragam yang telah ditentukan oleh pesantren.
  • Seragam harus selalu dalam kondisi bersih, rapi, dan sesuai ukuran tubuh.

 

4. Pakaian Olahraga:

  • Santri diwajibkan mengenakan pakaian olahraga yang telah ditentukan oleh pesantren.
  • Pakaian olahraga harus nyaman dan memungkinkan gerakan yang bebas namun tetap sopan.

 

Pentingnya Mematuhi Disiplin Berpakaian

Mematuhi disiplin berpakaian tidak hanya membantu menciptakan lingkungan yang tertib dan rapi, tetapi juga mendidik para santri untuk selalu tampil sopan dan menghormati diri sendiri serta orang lain. Disiplin berpakaian juga mengajarkan para santri tentang pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri, yang merupakan bagian dari iman dalam ajaran Islam.

 

Dengan disiplin berpakaian yang ketat dan konsisten, diharapkan para santri Pesantren Modern Maqamam Mahmuda dapat tumbuh menjadi individu yang berkarakter, bertanggung jawab, dan berkomitmen terhadap aturan serta nilai-nilai yang diajarkan dalam kehidupan sehari-hari. Disiplin adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan ketertiban, dan hal ini harus dimulai dari hal-hal kecil seperti berpakaian.


Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar

Terbanyak Dibaca

Komentar Terbaru